Selasa, 01 Oktober 2019

Tips Mengatasi Tulisan Arab di Microsoft Word Hilang dan Berubah Menjadi Kode Tak Jelas di Komputer Lain

Translate into your language

Protected by Copyscape

Tips Mengatasi Tulisan Arab di Microsoft Word Hilang dan Berubah Menjadi Kode Tak Jelas di Komputer Lain

Malam semuanya, pada postinganke 29 ini, ref-soft akan membagikan sebuah tips lagi yang berhubungan dengan Microsoft Word.

Pernah tidak disaat kalian sedang mengerjakan makalah ataupun skripsi yang ada tulisan arabnya mendadak hilang dan berubah menjadi kode-kode tak jelas saat mau diprint di tempat penge-print-an?

Padahal saat pengetikan di laptop atau komputer pribadi tulisan arabnya ada dan sesuai, kenapa bisa begitu?

Nah, disini yang jadi titik masalahnya adalah karna kalian menggunakan bantuan salah satu Add-ins (Quran in word) untuk menuliskan tulisan arab sehingga muda dan cepat. Akan tetapi hal ini memiliki kelemahan yakni tulisan arabnya akan hilang dan berubah menjadi kode-kode tak jelas di saat dipindah ke komputer yang belum menginstall atau memasang Add-ins Quran in word.

Untuk mengatasi hal tersebut ada 2 macam cara, yakni:

1. Kalian bawa mentahan Add-ins Quran in word bersama dengan file makalah atau skripsi kalian dalam 1 flahsdisk dan mintakan ke orang yang jaga tempat print-print-an untuk menginstall atau memasang terlebih dahulu Add-insnya sebelum membuka file dokumen kalian.

2. Jika kalian tidak mau melakukan hal di nomer 1 dengan berbagai alasan yang ada, maka kalian perlu untuk merubah format file dokumen kalian sebelum dibawa ke tempat print-print-an dengan format PDF, dengan ini maka file dokumen kalian akan tetap seperti sediakala tanpa ada perubahan dalam format teks arabnya karna sudah diformatkan ke dalam PDF.

Akan tetapi untuk mode penyimpanan standart dari Microsodt Word baik versi 2003 sampai yang terbaru belum tersedia mode penyimpanan PDF, akan tetapi hal tertersebut dapat ditangani dengan artikel berikut Cara Menambah Opsi Format PDF pada Penyimpanan Microsoft Word

Untuk yang belum punya Add-ins Quran in word silahkan download dari link di bawah ini:

Perkiraan ukuran : [1 mb]
Persyaratan sistem operasi : Windows  XP, Vista, 7/8/10

0 komentar

Posting Komentar

Senang bisa membantu, jika ada sesuatu yang ingin dikatakan, silahkan tinggalkan komentarnya ya..
### Untuk berkomentar silahkan login menggunakan akun Google kalian, keamanan terjamin ###